Apa itu Manajemen Strategis?

 121 kali total dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Kami sering menggunakan istilah “manajemen strategis”, tetapi apa sebenarnya artinya? Bagi beberapa orang, ini mungkin tampak jelas, tetapi kenyataannya adalah bahwa istilah tersebut memiliki banyak hal di bawah permukaan yang layak untuk dibahas.

Untuk memahami apa itu manajemen strategis dari tingkat dasar, mari kita lihat teman-teman kita di Association of Strategic Planning (ASP) yang mendefinisikan istilah tersebut dalam panduan mereka untuk Body of Knowledge (BOK 2.0):

Manajemen strategis adalah proses organisasi yang terus menerus merencanakan, melaksanakan, memantau, menganalisis, dan menilai semua yang diperlukan bagi organisasi untuk memenuhi tujuan dan sasarannya dalam mengejar arah masa depan. Ini termasuk keputusan dan tindakan yang menentukan kinerja jangka panjang suatu organisasi.

Mengelola rencana strategis bukanlah tugas yang mudah; ada banyak proses yang berjalan sekaligus yang perlu terus dipantau.

Memiliki wawasan tentang masing-masing proses ini, sumber daya yang mereka butuhkan, dan bagaimana semuanya bekerja untuk mencapai misi dan visi perusahaan Anda adalah tugas cukup berat yang mungkin dapat menimbulkan stres dan frustrasi bagi mereka yang berusaha mewujudkannya.

Manajemen strategis yang baik tidak terlihat persis sama untuk setiap bisnis, tetapi mengikuti roadmap yang serupa. Roadmap ini dapat dibagi menjadi enam tahap:

1. Menilai dan Mengatur

2. Penilaian Lingkungan

3. Perumusan Strategi

4. Perencanaan Strategis

5. Eksekusi Strategi

6. Manajemen Kinerja

Kita bahas lebih dalam,

· Fase 1: Yang kami maksud dengan “Menilai dan Mengatur” adalah menilai arah strategis dan kapabilitas organisasi saat ini dan merancang serta mengatur program startup yang sesuai berdasarkan penilaian ini.

· Fase 2: Penilaian Lingkungan mencakup analisis eksternal pada tren tingkat makro dan mikro yang berdampak pada organisasi, analisis internal pada kompetensi inti organisasi, dan evaluasi SWOT berdasarkan analisis ini.

· Fase 3: Fase Perumusan Strategi adalah menentukan arah strategis organisasi dan menetapkan strategi tingkat tinggi untuk mencapai keadaan masa depan yang diinginkan.

· Fase 4: Fase Perencanaan Strategis menjabarkan alur proses untuk mengembangkan rencana strategis jangka panjang untuk memandu pengambilan keputusan kepemimpinan dan untuk mengembangkan rencana operasi strategis jangka pendek untuk memandu implementasi staf.

· Fase 5: Eksekusi Strategi berarti menyelaraskan organisasi di belakang strategi dan melaksanakan rencana operasi strategis melalui komunikasi yang efektif, manajemen perubahan, manajemen proyek dan teknik manajemen risiko.

· Fase 6: Manajemen Kinerja adalah untuk mengukur kinerja strategi organisasi, belajar dari sinyal lemah dan dengan tangkas menyesuaikan rencana menjadi organisasi yang berfokus pada strategi yang memiliki manajemen strategis sebagai proses yang bernjkelanjutan.

 

Admin
Author: Admin

Senior Content Writer

Bagaimana menurutmu?
+1
0
+1
10
+1
5
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
Berbagi tulisan ini

Komentar

  • Belum ada - Jadilah yang pertama
  • Bagaimana Menurut Anda?