Pandemi Covid-19 sudah terjadi sejak setahun yang lalu, beberapa kebijakan pemerintah telah diterapkan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di daerah yang padat penduduk hingga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali. Namun, angka yang terinfeksi masih meningkat. Masih banyaknya masyarakat yang tidak mematuhi Protokol Kesehatan dinilai sebagai salah satu penyebab.

 

Lalu apa peran generasi milenial untuk membantu Pemerintah untuk mencegah pandemi Covid-19? Hal ini tentu menarik, mengingat generasi Milenial mendominasi jumlah penduduk di Indonesia.

 

Caranya dengan cara menyebarluaskan kegiatan mereka seluas-luasnya sebagai dukungan untuk ikut mencegah merebaknya virus tersebut.

Baca juga:  Tips Memilih Pekerjaan Baru

 

Salah satu peran yang dapat diambil oleh kaum millenial adalah aktif mensosialisasikan program pemerintah melalui sosial media, terkait pencegahan penyebaran Covid-19, termasuk masalah vaksinasi yang sedang digalakkan pemerintah.

 

Kaum milenial tentu juga ikut menghindari budaya nongkrong di tempat keramaian, menjaga jarak, tidak melakukan kontak fisik ketika bertemu atau berkenalan, menggunakan masker ketika keluar rumah.

 

Selain itu, rajin mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik, mengkonsumsi makanan bergizi dan multivitamin, serta rajin berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Yang terpenting, jika tidak ada urusan mendesak untuk keluar rumah, lebih baik berdiam diri dengan tetap #DirumahAja.

Baca juga:  Cara klaim token listrik PLN GRATIS untuk bulan Februari

 

Kegiatan milenial di atas dapat disebarkan ke semua orang melalui media sosial. Misalnya, setiap milenial melakukan anjuran tersebut dan mem-posting kegiatannya di media sosial yang disaksikan ratusan bahkan ribuan orang.

 

Hal ini, secara tidak langsung akan membantu pemerintah menyalurkan informasi-informasi dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

 

Milenial dikenal dengan kreativitas yang tinggi, bersikap optimistis, dan memiliki kemampuan adaptif (fleksibel), sehingga mereka dapat mengambil peran penting di tengah ancaman Covid-19. (D. Pristianto)

D. Pristiono
Author: D. Pristiono

Bagaimana menurutmu?
+1
+1
+1
+1
+1
+1
+1
Berbagi tulisan ini