Tips Memilih Pekerjaan Baru

 493 kali total dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tips Memilih Pekerjaan Baru
Tips Memilih Pekerjaan Baru

Tips memilih pekerjaan baru ini ditujukan kepada siapapun yang sedang berjuang untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih baik.

 

Setiap orang pasti menginginkan kebahagian dalam hidupnya, dan umumnya orang menganggap materi adalah kunci untuk mendapatkan kebahagiaan. Karena itu, kebanyakan orang memilih kerja keras dan banting tulang untuk mengumpulkan materi sebanyak-banyaknya.

 

Namun dalam bekerja pasti ada titik jenuh, bosan, bahkan stress sehingga tidak jarang muncul keinginan untuk mencari pekerjaan baru. Kalau sudah begini, bukannya kebagaiaan yang didapat tetapi justru penderitaan. Untuk apa banyak harta tapi tidak bahagia?

 

“Kerjakan apa yang kamu cintai atau cintai apa yang kamu kerjakan”, demikian pepatah yang sering kita dengar. Celakanya, banyak orang yang justru merasa terbelenggu dengan rutinitas pekerjaannya, baik yang bergaji rendah maupun yang berpenghasilan tinggi. Hampir semua merasakan.

 

Dalam kondisi seperti ini tentu akan terjadi dilema, apakah terus bekerja di kantor lama dengan rasa jenuh atau mencari pekerjaan baru dengan penuh keraguan? Sementara hidup harus terus berlanjut dengan segudang kebutuhan yang tentu saja harus dibeli dengan uang.

Baca juga:  Mengapa Harus Membaca Kisah Sukses Pengusaha dan Belajar Dari Mereka?

 

Godaan yang sering muncul adalah ketika kita membandingkan pekerjan kita dengan pekerjaan orang lain yang tampak lebih nyaman. Mungkin waktu yang lebih longgar, beban kerja lebih ringan, atau gaji lebih tinggi.

 

Jika usaha untuk mencintai pekerjaan semakin sulit dilakukan, maka tidak ada salahnya mencoba menemukan pekerjaan baru demi menciptakan suasana baru yang nyaman.

 

Tips Memilih Pekerjaan Baru
Tips Memilih Pekerjaan Baru

 

Beberapa tips memilih pekerjaan baru mungkin menarik untuk dilakukan:

 

  1. Kenali Diri.

“Kenali dirimu, kenali musuhmu, kenali medan tempurmu. Seribu peperangan, seribu kemenangan” ~ Sun Tzu.

Kenali diri artinya kita harus mengetahui kekuatan dan kelemahan diri, tujuan yang ingin dicapai, apa yang dicintai dan apa yang dibenci, dan seterusnya. Dengan mengenal diri sendiri maka kita akan lebih mudah menentukan bidang yang sesuai dengan passion kita.

 

  1. Ikhtiar.

Gali semua potensi untuk menemukan pekerjaan baru. Manfaatkan sosial media di mana perusahaan saat ini banyak yang beralih ke sosial media untuk menjaring tenaga kerja baru, alih-alih memasang iklan di koran. Selain itu, perbanyak silaturrahmi dengan kerabat, teman dan kolega. Komunikasikan keinginan untuk mendapat pekerjaan baru. Mungkin salah satu di antara mereka memiliki informasi tentang lowongan kerja, atau malah dapat penawaran kerjasama dalam bisnis.

Baca juga:  Jenis-Jenis Perusahaan Berdasarkan Lapangan Usahanya

Bukankah silaturrahmi dapat melapangkan rezeki?

 

  1. Syukur dan Tawakkal.

Point terkahir namun justru ini yang paling utama, yakni syukur dan tawakkal. Syukuri nikmat yang diterima, karena dengan bersyukur Allah akan melipatgandakan nimat-Nya kepada kita. Manusia hanya bisa berencana, namun Allah yang menetukan. Karena itu kita harus tawakkal kepada Allah SWT.

Tips Memilih Pekerjaan Baru
Tips Memilih Pekerjaan Baru

Demikian ulasan tentang tips memilih pekerjaan baru, semoga bermanfaat.

Salam sukses! (Sultan)

Sultan
Author: Sultan

Seorang laki-laki yang memiliki karakter Feeling Introvert, ayah dua anak, suka kopi dan fotografi.

Bagaimana menurutmu?
+1
+1
+1
1
+1
+1
+1
+1
Berbagi tulisan ini

Komentar

Bagaimana Menurut Anda?